Senin, 30 Juli 2012

Rumah Seorang Sahabat- Dumai

Rumah Seorang Sahabat - Dumai, Riau







Konsep minimalis ini saya terapkan saat saya mendesain sebuah bangunan tempat tinggal salah seorang sahabat saya, yang bernama Muhammad Solihin di Kota Dumai.


Rumah ini dibangun diatas tanah berukuran 17 x 15 meter melebar kesamping dan menghadap kearah timur. Memiliki luas lantai 124 M2. Dan Sempadan Bangunan 3 m dari garis jalan. Sesuai dengan kebutuhan pemiliknya rumah ini memiliki susunan ruang sebagai berikut :
- Teras
- Carport
- Ruang Tamu
- Ruang Keluarga dan Ruang Makan
Mushola
- 3 Kamar Tidur (1 kamar Tidur Utama)
- 2 Kamar Mandi
- Servis Area : Dapur, Ruang Cuci, dan Gudang




Dengan letak posisi yang menguntungkan tersebut, saya membuat mencoba mengoptimalkan bukaan menghadap kearah matahari terbit untuk memperoleh cahaya matahari pagi. Bukaan seperti pintu, jendela serta bouvenlight dengan desain kusen minimalis dipadukan dengan aksen kolom yang menggaris vertikal membuat fasade yang lugas. Penambahan batu alam pada bagian sisi tampak depan akan mencairkan suasana tampak depan yang formil menjadi "hommy". Bentukan Carport yang tidak solid dipadukan dengan atap dak beton yang tipis mempercantik bagian sisi rumah tersebut. Pemasangan besi railing sebagai sunshadding pada bagian entrance memperkuat kesan minimalis yang diciptakan.


Pada bagian belakang, terdapat teras yang menghadap ke arah barat. Teras ini dapat dimanfaatkan untuk tempat bersantai menghadap arah halaman belakang. Tampak belakang rumah pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan fasad rumah, hanya penempatan bukaan pintu dan jendela diminimalkan mengingat kondisi belakang rumah yang menghadap arah matahari terbenam.


Rumah Tinggal Milik M. Solihin ini didesain dengan konsep minimalis yang lugas dan warna yang kontras dan sederhana yaitu warna gelap hitam, dan warna terang putih, krem dan gray. Perpaduan warna gelap dan terang ini membentuk susunan warna yang dinamis yang dapat melukiskan sosok sang sahabat yang tenang namun tegas, dan bersahaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar