Senin, 30 Juli 2012

Rumah Kost 01 - Daerah UNRI Panam - Pekanbaru















Rumah Kost - Daerah UNRI Panam - Pekanbaru, Riau

Pondokan atau biasa dikenal dengan rumah kost (indekost) merupakan sarana yang sangat vital yang dibutuhkan di kota-kota besar di Indonesia. Tidak terkecuali di Pekanbaru. Dimana kota Pekanbaru merupakan salah satu tempat yang dituju bagi para pelajar yang telah lulus jenjang pendidikan menengah atas untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Ada banyak Universitas yang terdapat di kota Pekanbaru, baik itu Universitas negeri maupun Universitas swasta. Semuanya bersaing untuk memberikan fasilitas pendidikan yang terbaik untuk mencapai peningkatan kualitas sumber daya manusia di provinsi Riau.
Untuk postingan kali ini, saya menyajikan sebuah desain rumah kost yang terletak di sekitar kawasan Universitas Riau (Unri), tepatnya di daerah Jl. Balam Sakti Kec. Tampan Kota Pekanbaru.

Tujuan dari perencanaan rumah kost ini adalah untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan tempat tinggal bagi mahasiswa Unri dan sekitarnya. Sedangkan bagi si pemilik sendiri yaitu sebagai aset ataupun investasi jangka panjang.

Tapi terlepas dari itu semua, untuk mewujudkan bisnis yang menggiurkan tersebut, dibutuhkan modal yang cukup besar dan desain bangunan yang memenuhi beberapa aspek. Yaitu aspek fungsional, aspek arsitektural, dan aspek ekonomi. Ketiga aspek itu diolah menjadi satu kesatuan bangunan sesuai dengan yang diinginkan, yaitu :
  1. Bangunan yang memiliki ruang (kamar) yang banyak, karena merupakan investasi dimana semkin banyak jumlah kamar maka semakin besar pendapatannya;
  2. Kamar dengan ukuran standar untuk ditempati 1 orang penghuni setiap kamarnya;
  3. Kamar yang memiliki cukup pencahayaan alami;
  4. Kamar yang mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga penghuni kamar dapat merasa nyaman;
  5. Kamar yang memiliki fasilitas kamar mandi dalam, karena pada dasarnya penghuni kost mengharapkn privasi;
  6. Fasilitas penunjang seperti pantry, dapur basah, tempat cuci dan jemur, serta ruang tamu;
  7. Fasilitas parkir baik bagi penghuni maupun untuk tamu yang berkunjung;
  8. Taman, untuk dapat dijadikan sebagai filtrasi maupun barrier yang dapat mereduksi pencemaran udara dan tingkat kebisingan yang datang dari luar bangunan.
Konsep desain bangunan rumah kost ini diadopsi dari konsep minimalis.
Pemilik Rumah : Bpk. Zulhenri Zawawi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar