Senin, 30 Juli 2012

Rumah di Lereng Gunung Kepahiang - Bengkulu








Rumah di Lereng Gunung Kepahiang, Bengkulu


Konsep rumah tropis, pada dasarnya merupakan adaptasi bangunan terhadap iklim tropis, dimana kondisi tropis membutuhkan penanganan khusus dalam desainnya. Pengaruh terutama dari kondisi suhu tinggi dan kelembaban tinggi, dimana pengaruhnya adalah pada tingkat kenyamanan berada dalam ruangan. Tingkat kenyamanan seperti tingkat sejuk udara dalam rumah, oleh aliran udara, adalah salah satu contoh aplikasi konsep rumah tropis.
Meskipun konsep rumah tropis selalu dihubungkan dengan sebab akibat dan adaptasi bentuk (tipologi) bangunan terhadap iklim, banyak juga interpretasi konsep ini dalam tren yang berkembang dalam masyarakat; sebagai penggunaan material tertentu sebagai representasi dari kekayaan alam tropis, seperti kayu, batuan ekspos, dan material asli yang diekspos lainnya.
Rumah ini didesain sesuai dengan keinginan pemiliknya, yaitu dengan memanfaatkan kontur lahan yang ada. Perbedaan level pada muka lantai dasar bangunan menciptakan susunan ruang yang variatif dan tidak monoton.
Secara visual bangunan ini terbagi menjadi 3, yaitu :
(1) Bangunan induk 2 lantai yang terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, 4 kamar tidur, gudang, dab balcon. (2) Bangunan pendukung yang terdiri dari ruang makan, dapur, ruang sholat, dan paviliun. (3) Mini gazebo.
Khusus pada bangunan pendukung dan mini gazebo dibangun diatas kolam. Sesuai dengan hasrat pemiliknya bahwa pada mini gazebo dan ruang paviliun dapat digunakan sebagai tempat bersantai dan bercengkrama bersama keluarga.


Dalam perencanaan bangunan Rumah Tinggal ini terdapat elemen-elemen yang membentuk sebuah konsep desain tropis.
Elemen-elemen dasar dari suatu desain tropis adalah:
· atap tinggi yang mengerucut, sehingga air hujan cepat mengalir dan udara panas dilepaskan, dan akibatnya, anda selalu akan memperoleh kesejukan yang anda inginkan;
· pintu-pintu dan jendela yang mudah dibuka lebar, yang menghasilkan flow-through ventilation serta memungkinkan anda membuka rumah anda di hari-hari yang bercuaca terlalu menyesakkan;
· taman luar ruang yang menyatu dengan lingkungan;
· rincian-rincian dan finishing yang sederhana, yang cocok dengan lingkungan sekitarnya;
Semua elemen ini adalah bagian dari sebuah gaya hidup tropis. Pakaian, makanan, minuman, relaksasi, serta aktivitas-aktivitas dan pengalaman tentang tropis, keseluruhannya menghasilkan komplimen yang kohesif, untuk memastikan dicapainya suatu gaya hidup tropis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar